Senin, 29 Oktober 2012

Mengapa Jarum Jam Bergerak ke Kanan?

Jam pertama adalah jam matahari. Penemunya orang Mesir. Jam matahari atau jam surya adalah jam yang menunjukkan waktu dengan posisi bayangan sebuah benda sewaktu matahari bersinar di atasnya. Di negara-negara sebelah utara khatulistiwa, bayangan benda jatuh ke utara dan bergerak ke kanan.


Orang Mesir mengetahui waktu dengan mengamati bayangan obelisk, sebuah tugu batu. Bayangan timbul bila matahari bersinar. Karena matahari bergerak dari timur ke barat, sedangkan Mesir berada di Belahan Bumi Utara, bayangan tugu itu bergerak ke kanan. Jarum jam mekanis pertama pun dibuat berputar ke kanan.
Orang Mesir kuno memanfaatkan ajeknya gerakan matahari untuk membuat jam matahari sebagai penunjuk waktu. Menurut dugaan, jarum jam mekanis berputar ke kanan karena bayangan obelisk di Mesir jatuh ke utara dan bergerak ke kanan. Seandainya jam matahari diciptakan di Australia, yang berada di Belahan Bumi Selatan, mungkin jarum jam dibuat berputar ke kiri, sebab di sana bayangan bergerak ke kiri. Jam masa kini mengukur waktu dengan goyangan kristal dan atom. Jam kristal dapat berbeda waktu tidak lebih dari seperlima detik perhari; bahkan jam atom berbeda sepersejuta detik perhari.


Daftar pustaka:
Widya Wiyata Pertama Anak-Anak. 1995. Aneka Keajaiban. Jakarta:PT Tira Pustaka.

0 komentar:

Posting Komentar

 

@MOSPHERE Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template